Novel karya mariskova ini mengisahkan seorang gadis bernama nina, dimana dia adalah seorang lulusan terbaik di universitas negeri ibu kota. Nina selalu bermimpi bisa memiliki kehidupan yang sempurna, rela melepas pekerjaanya dan menjadi ibu yang baik bagi anak2nya kelak, dan melihat pendar2 kedamaian dari suaminya, seperti yang selalu dilakukan ayahnya kepada mamanya. Namun suatu peristiwa terjadi, tunangannya yang bernama Ian prayogo menghamili mantan kekasihnya, dan harus segera menikahi wanita itu.

Sejak saat itu nina menjadi seperti mayat hidup, raganya ada namun jiwanya kosong, hampa, hingga berhari2 tidak masuk kerja. Beruntung bosnya yang asli orang jepang, berbaik hati menyekolahkannya ke jepang agar nina bisa mendapatkan jiwanya kembali, dan dapat menghilangkan kesedihannya karena ditinggal ian.

Di Jepang, nina masih tetap menjadi seorang pemurung, hingga dia melihat sosok pria misterius berjas hitam yang selalu ia lihat di kereta yang ia tumpangi setiap pagi. Selain itu, dia juga mempunyai sahabat dunia maya bernama takung, walaupun mereka berada satu universitas, hanya takung mengambil S2 sedang nina masih S1, namun mereka belum pernah bertemu. Setiap kejadian yang nina alami selalu ia ceritakan kepada takung, termasuk tentang ian dan pria misterius berjas hitam yang menjadi penyemangat hidupnya. Takung juga sering menceritakan gadis pujaan hatinya yang dengan diam2 selalu ia perhatikan dari balik pohon di taman.

Kehadiran takung membuat nina menemukan semangat hidupnya kembali. Namun saat itu pula, mantan tunangannya, ian, kembali ke dalam kehidupannya. Tidak hanya ian yang kembali mengusik hidup nina, tetapi juga karina, istri ian yang selalu meneror nina.

Berkali2 nina diselamatkan oleh pria misteriusnya saat diteror oleh ian ataupun karina, namun nina selalu kehilangan kesempatan untuk berkenalan dengan pria misteriusnya itu.

Akhirnya nina mempunyai kesempatan bertemu dengan takung, yang ternyata adalah orang yang sama dengan pria misteriusnya di kereta sekaligus putra dari bosnya, sedangkan nina adalah gadis yang selalu diperhatikan takung selama ini….

Novel ini menceritakan suasana jepang dengan sangat detail, kesibukan kota tokyo, keramaian stasiun shibuya, keindahan bunga sakura saat musim semi ataupun gugur, desa di lereng fuji, budaya masyarakat jepang yang memiliki etos kerja tinggi dan lain sebagainya. Selain itu, novel ini juga menunjukkan karakter seorang nina yang mempunyai pendirian teguh terhadap sesuatu yang diyakininya, seperti tidak memakan makanan yang memang seharusnya tidak boleh ia makan, walaupun karena hal itu terkadang nina menjadi sulit untuk mendapatkan makanan.
Dibalik kelebihan2 itu, novel ini juga mempunyai kelemahan, seperti kisah yang terlalu mengada2 dan terlalu sangat ‘kebetulan’ berkaitan dengan tokoh pria misterius-takung-dan bosnya, yang sangat tidak masuk akal jika diterapkan di dunia nyata. Selain itu, kaitan antara takung dengan pria misterius dan wanita pujaan takung sangat mudah ditebak, sehingga tidak membuat pembaca terlalu penasaran.

But overall, this novel is the great one. Karena bisa membuatku terhanyut saat membacanya….
Kalo tertarik, silakan baca novelnya, n setelah itu kasi komen di sini juga yah… 🙂

Advertisements