Bagi yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh sendirian
Naek kendaraan umum saat bepergian jauh emang memberikan sensasi tersendiri…
Takut, seneng, deg2an, panik daaaan laen2
Hyahaha….
Hal2 seperti itu biasanya dialami oleh kaum hawa.

Rasa panik itu mungkin akan bertambah ketika kita naek kendaraan umum yang sangaaaat umum *baca:ekonomi*
(Pengalaman pribadi nich) 😛
Bukannya sok elite ato gimana, tapi di dalam kendaraan ekonomi, kewaspadaan kita benar2 di uji.
Mungkin karena harganya yang relatif murah, jadi para awak bus kurang memperhatikan keselamatan penumpangnya.
Atau entah alasan lain apa lagi, yang jelas tak senyaman naek kendaraan patas, bisnis, executiv, apa lagi senyaman naek kendaraan pribadi *jangan harap!!*
Oia, karena ini sesuai pengalaman pribadi, hal2 dibawah ini tidak termasuk kalo qta naek transportasi udara *bahkan aku aja kurang tau apakah ada pesawat kelas ekonomi ato gag, dan kalopun ada, aku yakin disana gag bakal ada pengamen ato pedagang asongan*
Khukhukhu…

Oia, jadi gini, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa panik ketika qta dihadapkan pada keadaan dimana kita harus bepergian jauh sendirian.
Hal2 yg perlu dilakukan diantaranya….

1. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya qta survey dulu keadaan kendaraan yg akan kita tumpangi. Misalnya tentang harga, lokasi2 pemberhentian, kalo turun naek apa, berapa lama waktu yg dibutuhkan, situasi di dalam kendaraan, pelayanan, de el el.

2. Belilah tiket di agen resmi, jangan di calo. Yang pasti, kalo di agen resmi, harganya standar, yea paling gag gitu kaaan kalo dipikir2 n sesuai di berita2 juga.,

3. Awasss pengameeeen!!! Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan uang receh sebanyak2nya, ato kalo gak punya tolaklah secara halus, ato pura2 tidur *hyahaha* tapi jangan kaget kalo ntar disindir ma pengamennya *sebodo amat!*
Tapi terkadang ada juga pengamen di beberapa daerah (sesuai pengalaman lagi nich, sepanjang daerah yg dilalui bus rama*ana n ro*alia i*dah 😛 di daerah tangerang, beuh! Sumpah!pengamen di situ brutal abiz!!) Demi keselamatan, lebih baek kehilangan 1rb 2rb daripada kehilangan nyawa….
Ya kaaaan…. >.<

4. Eeh ada pedagang asongan juga…
Biasanya mereka akan membagikan dagangan mereka kepada seluruh penumpang. Weteit, itu bukan sampel lhoh! Kalo qta ambil, berarti qta beli, jadi kalo qta gag minat beli,yawdah diemin aja.
Ada cerita lucu yang br aja aQ alamin kemaren waktu mudik, jadi di sebelahku duduk ne2k2, dan semua barang yg di kasi k dia, dia beli aja gitu…untung c nenek cepet sadar,,,
Kalo gak kan kasian tuh, duitna abiz bwt beli barang2 g penting
Kan duitnya mending bwt aq ya
Hahaha

5. Stekul… (Maksudna: stay cool)
Beri kesan kita udah sering naek tuh kendaraan, jangan terlihat kaya orang bingung., cz tampang bingung akan menjadi sasaran empuk pelaku tindak kriminal.

6. Waspada makanan pemberian orang. Salah2, bukannya kenyang tapi barang n nyawa melayang.

7. Kalo qta diajak kenalan. Kalo berkenalan dengan orang, jangan sekali2 memberikan keterangan secara detail tentang asal usul kita, bahkan jika perlu, kita bisa sedikit berbohong, bukan mengajarkan hal buruk, tapi ini demi keselamatan…

8. Tarohlah barang berharga di tempat yang sulit di jangkau orang laen. Alasannya c standar, biar gag kecopetan 😛

9. Lebih enak duduk deket jendela. Selaen bisa liat pemandangan di luar, bisa senderan kalo tidur, dengan duduk di pojok qta juga bisa mengamankan tas ato barang bawaan qta.

10. Jangan simpan uang di satu tempat. Sewaspada2nya kita, kalo emang lagi apes yaa gimana lagi?? Kalo misalnya kita sampe kecopetan, dengan menyimpan uang di berbagai lokasi, maka qta g akan kehilangan seluruh uang qta, bukannya begitu???

Emmm..
Mungkin ini dulu kali yaaa…
Kapan2 kalo ada tambahan aku post lagi…

Advertisements